Jenis-Jenis Teh dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berita Terbaru Jenis-jenis teh dan manfaatnya bagi kesehatan akan kami bahas lebih tuntas kali ini. Namun perlu Anda tahu terlebih dahulu bahwasannya teh pertama kalinya ditemukan di provinsi Yunan, China, yang mana teh ini kaya akan antioksidan, kafein, serta teofilin dengan protein, kadar lemak dan juga karbohidrat hampir 0 persen. Sejak dahulu teh adalah salah satu minuman yang paling populer, selain bisa dinikmati saat santai, mengkonsumsi teh ternyata juga memiliki efek baik untuk kesehatan tubuh Anda. Di Indonesia sendiri, teh wangi adalah teh yang sering dikonsumsi. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis teh beserta manfaatnya bagi kesehatan yang harus Anda tahu.

Jenis-Jenis Teh dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ini jenis-jenis teh dan manfaatnya yang harus Anda tahu

1.Teh hijau
Siapa sih diantara Anda yang masih belum mengenal teh hijau atau yang biasanya disebut dengan green tea ini? Teh hijau ini dibuat dari daun teh dengan cara dikukus. Bila sudah daun ini kemudian dikeringkan dan dipanaskan. Hal tersebut bertujuan supaya daun teh hijau tidak bisa terfermentasi dan daunnya pun akan tetap bisa berwarna hijau. Untuk 1 cangkir teh hijau ini mengandung sekitar 25 miligram kafein. Bahkan tidak hanya itu saja, teh hijau juga kaya akan antioksidan jenis catechin. Yang mana antioksidan ini bisa berperan untuk menjaga kesehatan jantung Anda dengan baik, bahkan bisa mencegah penyakit kanker.

2.Teh oolong
Berbeda lagi dengan teh hijau, teh oolong ini mengandung sekitar 30 miligram kafein di dalam 1 cangkirnya. Dalam pembuatannya sendiri hanya difermentasi dalam waktu yang cukup singkat. Untuk bisa memanfaatkan teh oolong bagi kesehatan tubuh, Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin dengan cara diseduh menggunakan air hangat. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi teh oolong ini adalah untuk menurunkan berat badan, sebab teh ooling bisa mengaktifkan enzim yang bisa mengusir lemak yang tersimpan di dalam sel lemat atau yang biasanya disebut dengan trigliserida.

3.Teh hitam
Manfaat teh lainnya bagi kesehatan juga bisa Anda dapatkan dari teh hitam satu ini. Teh hitam mempunyai kandungan kafein yang jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan teh hijau atau pun teh putih, yakni 40 miligram dalam setiap cangkirnya. Kandungan antioksidan thearubigins dan juga theaflavis yang ada di dalamnya sangat berguna sekali untuk menurunkan kolesterol jahat atau pun LDL di dalam tubuh, sehingga bila seseorang mengkonsumsi teh hitam ini secara rutin, maka akan menurunkan resiko seseorang tersebut untuk terkena serangan jantung dan juga stroke.

4.Teh putih
Manfaat teh putih bagi kesehatan ini juga banyak sekali. Teh putih mempunyai rasa yang paling enak dan lembut bila dibandingkan dengan teh lainnya. Hal tersebut karena, teh putih dibuat dari pucuk daun teh muda yang masih segar. Kandungan kafein yang ada di dalam teh putih ini jauh lebih sedikit, yakni sekitar 15 miligam per cangkirnya. Teh putih juga kaya akan antioksidan catechin dan juga polifenol yang berguna untuk mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, meringankan penderita penyakit diabetes, dan bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini.

5.Teh herbal
Jenis teh dan manfaatnya bagi kesehatan teh herbal. Biasanya teh herbal ini tidak dibuat dari daun tanaman camelia sinensis. Tetapi, teh herbal ini dibuat dari akar, daun, biji, bunga, dan juga kulit kayi dari tanaman obat. Teh herbal ini memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi, sehingga terh tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imum tubuh. Selain hal itu, mengkonsumsi teh herbal lavender juga bisa membantu tubuh Anda lebih rileks dan pikiran jadi lebih tenang. Bahkan tidak hanya teh lavender saja yang baik untuk kesehatan tubuh, tetapi teh kapulaga juga menjadi salah satu jenis tanaman obat yang bisa mengatasi kram di perut, meringankan perut kembung, dan membantu sistem pencernaan tubuh.

Itulah tadi beberapa jenis-jenis teh dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh yang bisa kami informasikan untuk Anda. Semoga saja bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *